Manfaat dan Cara untuk Terapi Kesehatan dengan Pare

PARE

pare


Nama Ilmiah  : Momordica
Nama Inggris : Bittergourd

   Pare merukapan salah satu sayuran yang mempunyai rasa pahit. sehingga tidak setiap orang menyukai sayuran tersebut. namun ternyata Pare ini mempunyai banyak manfaat yang terkandung didalamnya. sayuran selain ditumis biasanya di konsumsi dengan cara direbus terlebih dahulu sebagai lalaban yang enak.Sayuran satu ini tumbuh merambat dan menjalar, dan sebenarnya tanaman ini dapat mudah tumbuh dan tidak menggunakan penanganan yang khusus .

Kandungan gizi yang terdapat pada Pare yaitu :
* Vitamin A, B, dan C
* Mineral (Ca, P, Fe)
Dalam setiap 100 gram pare mengandung 29 kalori.

Manfaat Pare untuk terapi kesehatan antara lain :
* Diabetes mellitus
caranya : 1 buah pare yang sudah dibuang bijinya kemudian diblender lalu peras airnya dan tambahkan 10 gram bubuk kacang kedelai dan gula diet rendah kalori secukupnya. aduk sampai rata kemudian minum 2x sehari untuk pengobatan atau 2x seminggu untuk pecegahan.

* Radang mata (keratitis)
caranya : 1 buah pare dikukus hingga matang ditambah dengan 30 gram krokot lalu diblender dengan air secukupnya aduk sampai rata kemudian diminum secara teratur 2x sehari.

* Radang amandel
caranya : 1-2 pare ukuran sedang ditambah dengan gula pasir secukupnya ( untuk mengurangi rasa pahit), kemudian diblender dengan tambahan air secukupnya. selanjutnya diminum secara teratur 2x sehari.

* Ambeien/ Wasir
caranya : 100 gram pare ditambah dengan 2 buah pisang kapok putih yang sudah matang beserta kulitnya diblender dengan air secukupnya tambahkan madu, aduk sampai rata lalu minum 2x sehari.

* Impotensi
caranya : 15 gram biji pare ditambah 5 gram biji ketumbar dan 150 gram tempe yang telah dikukus hingga matang . selanjutnya diblender dengan air dan gula pasir secukupnya. aduk sampai rata lalu diminum secara teratur 1x sehari.

* Cacingan pada anak
caranya : 7 lembar daun pare segar seduh dengan air panas 1/4 gelas, tunggu beberapa saat untuk menjadi hangat. minumkan pada anak yang cacingan 2x sehari.

* Bisul yang membengkak
caranya : buah pare yang dilumat hingga menjadi pasta, lalu bubuhkan / oleskan kebagian tubuh yang sakit.

* Demam dan rasa pahit dimulut
caranya : 15 gram pare kering ditambah dengan 10 gram bawang putih dan 6 gram jahe segar. semua bahan tersebut direbus dengan air secukupnya hingga mendidih, setelah itu air rebusan tersebut disajikan pada penderita. lakukan dengan rutin hingga rasa pahit dimulut hilang.

* Sakit perut
caranya : pare secukupnya dibakar hingga matang. lalu tumbuk menjadi halus seperti bubuk. selanjutnya ambil bubuk tersebut sebanyak 1 gram dicampur dengan air panas hingga menjadi larutan. sajikan kepada penderita 2-3x sehari.



0 komentar:

Post a Comment

Manfaat dan Cara untuk Terapi Kesehatan dengan Pare